Senin, 02 Februari 2015

Wisata Budaya ke Saung Rangon Bekasi

0 comments

Saung Ranggon – Cikarang Barat, Bekasi

Saung Rangon merupakan salah satu bangunan tertua di daerah Cikarang Barat Bekasi, Bangunan ini sudah ada sejak abad 16.
Saung adalah bahasa sunda yang mempunyai arti adalah rumah atau tempat berteduh yang ada di sawah atau diladang.  Biasanya Saung Sunda ini dibuat seperti rumah panggung, yang fungsinya agar tidak diganggu oleh binatang Buas dan agar dapat mengawasi tanaman yang dijaganya.
Sejarahnya, dahulu Saung Ranggon ini dibangun oleh Pangeran Rangga, yaitu putra dari Pangeran Jayakarta. Pangeran Jayakarta adalah tokoh sejarah Betawi di Jakarta-Bekasi yang ikut andil dalam perlawanan melawan kolonialisme pemerintahan Hindia Belanda.
Perjuangannya menurun pada Pangeran Rangga, yang datang dan kemudian menetap di daerah ini hingga membangun saung ranggon yang merupkan bagian dari basis perlawanan masyarakat Bekasi terhadap penjajah Belanda.
Desa tempat Saung Ranggon ini bernama Cikedokan yang dalam bahasa Sunda berarti Ci : bening/sungai, Kedok : samaran. Jadi sejarahnya sesepuh-sesepuh cikal bakal desa ini adalah orang-orang yang sedang menyamar, karena dikejar-kejar Belanda.
Jika akan  berwisata budaya ke Saung ini, alangkah baiknya dilakukan di bulan Maulid (Hijriah), karena di setiap bulan ini dilakukan Maulidan, yang acaranya adalah cuci pusaka yang ada di dalam saung dengan hiburan jaipongan (khas Sunda Bekasi) dan wayang kulit khas Bekasi (dengan budaya Betawi).
sumber :  artinnotek.wordpress.com