Rabu, 28 Januari 2015

Galendo, Oleh-oleh Khas Ciamis

0 comments
 
Galendo merupakan produk sampingan dari pembuatan minyak kelapa yang biasanya justru tidak dimanfaatkan lagi alias dibuang. Apalagi kandungan minyak galendo masih cukup tinggi sehingga kurang bisa tahan lama jika dibuat sebagai bahan makanan.
Namun di Ciamis, galendo telah berhasil disulap menjadi makanan oleh-oleh khas daerah itu yang diminati masyarakat. Apalagi dengan kepadaian dalam mengolahnya, seperti dengan membeikan campuran rasa coklat, srawberi, dan lainnya, dapat menjadikannya sebagai produk makanan yang disukai para wisatawan. Apalagi bahan galendo untuk pembuatan kue ini cukup berlimpah dan harganya sangat murah, sehingga cukup prospektif pula untuk dijadikan sebagai produk bisnis.
Cara Membuat Galendo

Bagaimana Cara Pembuatan Galendo:
  1. kelapa di kupas dan di cungkil dagingnya lalu d bersihkan
  2. Setelah daging kelapa bersih,kelapa lalu diparut dengan mesin.
  3. Kelapa yang sudah diparut di ambil airnya (santan).
  4. Air santan di masak mendidih sampai nantinya ada proses pemisahan air sehingga air sudah keluar habis,dan residu menggumpal dan jadilah galendo yang berbaur dengan minyak.
  5. Serbuk galendo di angkat dan di simpan pada cetakan lalu di bungkus dengan anyaman bamboo.
  6. Serbuk galendo dipadatkan dengan cara di press, selain untuk di padatkan juga untuk memisahkan galendo dengan minyak nya.
  7. Setelah itu galendo yang sudah padat di potong-potong, dan di kemas.Begitu juga dengan minyak dari galendo tersebut di kemas pula.
Cara Membuat Kue Galendo
Bahan yang dibutuhkan adalah :
  • Tepung terigu
  • Galendo
  • Skim
  • Putih telur
  • Air
  • Garam
Bahan pelembut tekstur yang dibutuhkan terdiri dari
  • Shortening
  • Gula
  • Kuning telur
  • Bahan pengembang
Sedangkan menyangkut cara pembuatannya cukup mudah seperti halnya dalam pembuatan kue kering lainnya. Namun yang perlu lebih diperhatikan adalah perbandingan dari bahan yang digunakan. Di sini tidak dibuat secara terperinci karena masing-masing tentunya memiliki selera atau rasa yang berbeda. Termasuk dengan menambahkan bahan campuran lain, seperti coklat, strawberi, dan sebagainya.
Sedangkan untuk tahapan dalam pembuatan resep kue galendo adalah sebagai berikut:
  1. Campur bahan telur, gula, tepung, dan margarine lalu blender hingga rata.
  2. Setelah itu tambahkan tepung terigu dan galendo ke dalam campuran yang pertama dengan perbandingan 60 dan 40. Kemudian campur dan aduk hingga diperoleh adonan kue yang tepat
  3. Setelah itu adonan kue bisa langsung dicetak dengan alat cetak untuk membentuk ukuran seperti yang diinginkan.
  4. Setelah siap, adonan dipanggang dengan suhu sekitar 180 derajat celcius selama sekitar 15 menit hingga masak. Dan cemilan dengan resep kue galendo pun siap disajikan untuk konsumsi keluarga ataupun untuk dijual.