Jumat, 06 Februari 2015

Berburu Aneka Jeans di Gang Tamim Bandung

0 comments
Anda suka mengenakan celana jeans? Atau malah memfavoritkannya? Di Bandung ada sebuah lokasi yang pasti Anda suka sebagai penyuka jeans. Tempat itu adalah Gang Tamim Bandung. Orang-orang Bandung asli pasti sudah tidak asing lagi dengan lokasi yang satu ini. Tempat itu merupakan lokasi para penjual celana jeans membuka lapak jualannya. Berbagai celana jeans dengan bermacam-macam model dan merk dijual di sana.
Gang Tamim menjadi sentra jeans di Bandung konon katanya sudah sejak tahun 60-an. Cikal bakal pembentukan sentra jeans di Gang Tamim itu sendiri berawal dari seorang pengusaha bernama Haji Tamim yang berhasil sukses di kawasan Pasar Baru. Kesuksesan Haji Tamim membuat warga sekitar mengikuti jejaknya. Kawasan itupun lambat laun menjadi ramai dikunjungi oleh pembeli. Awalnya baru berkisar antara barang-barang kelontong saja. Lambat laun, wilayah ini pun menjadi sentra jeans. Tidak hanya celana, pakaian berbahan denim atau jeans juga dijual di sana.

Semakin dewasa, sentra penjualan Gang Tamim pun makin ramai dengan pedagang-pedagang yang menjual berbagai macam pakaian. Pilihannya pun makin beragam, dengan harga dan kualitas yang bersaing pula. Buat Anda yang ingin mencari kancing, resleting, dan aksesori lainnya, di Gang Tamim juga bisa Anda dapatkan. Tak hanya itu, pedagang-pedagang di toko juga ada yang berjualan bahan, misalnya bahan denim, katun, kain untuk sprei, dan lain-lain.
Selain sebagai pusat konveksi jeans di Bandung, di Gang Tamim, Anda juga bisa menemukan penjahit-penjahit yang mahir. Mereka bisa Anda minta untuk mempermak atau membuatkan pakaian dan celana dengan jenis kain apa saja.
Dengan membeli celana atau pakaian di sini, Anda akan mendapatkan harga lebih miring daripada membelinya di toko. Sebagai contoh, bahan denim di Gang Tamim bisa didapat dengan harga Rp 55.000,- sampai Rp 70.000,- per potong dengan kualitas bagus. Kalau Anda mau membeli bahan entah itu denim atau katun, Anda bisa mendapatkan per meter dengan kisaran harga Rp 40.000,- sampai Rp 50.000,- tentu saja harga murah tersebut bisa Anda dapat bila Anda pandai menawar.

Untuk menuju Gang Tamim cukup denagn berjalan kaki menuju belakang Pasar Baru, Bandung. Apabila membawa kendaraan pribadi, Anda bisa melalui Jl. Jenderal Sudirman. Kalau naik angkot, Anda bisa naik angkot jurusan St. Hall—Gedebage atau Damri jurusan Dago Leuwipajang yang melalui Gang Tamim.
Gang Tamim dikenal pula sebagai kawasan Pecinan, Bandung. Oleh karena itu, apabila Anda sudah sampai di lokasi, Anda jangan heran ketika Anda menyaksikan banyaknya arsitektur bergaya Tionghoa.
Nah, buat Anda yang suka barang berkualitas dengan harga murah, datang saja langsung ke Gang Tamim. Di sana, Anda pun bisa minta dibuatkan celana atau pakaian sesuai selera Anda pada para tukang jahit yang ada.
sumber : bandung.panduanwisata.id